Ukuran Pintu Utama Kupu Tarung

Ukuran Pintu Dua Daun ( Kupu Tarung ) Rumah Standar dan Ideal

Mulai bosan dengan model satu pintu dan terlihat kurang modern? Nah, kamu bisa mencoba pintu dua daun yang dikenal juga sebagai kupu tarung.

Pintu kupu tarung banyak dipakai sebagai pintu utama atau pintu masuk utama rumah atau bangunan. Dengan menggunakan pintu 2 daun, akses keluar masuk rumah menjadi lebih lapang.

Selain memperhatikan model pintu jangan lupa untuk cek juga ukuran pintu kupu tarung dua daun yang tepat.

Untuk tahu berapa ukuran pintu dua daun, kamu bisa baca ulasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Pintu Kupu Tarung?

Pintu kupu tarung merupakan jenis pintu yang memiliki dua bukaan di sisi kanan dan kirinya. Model dua pintu ini menjadikan rumah seseorang tampak lebih mewah, apalagi jika memiliki desain yang tepat. 

Pintu dengan bukaan dari tengah ini juga memiliki banyak model yang bisa kamu pilih. Material pintunya juga beraneka ragam, mulai dari yang termahal hingga termurah. 

Ada beberapa kelebihan dari pintu dua daun ini. Pertama, kamu punya opsi untuk membuka salah satu sisi saja agar tidak terlalu memperlihatkan isi ruangan dari luar.

Kedua, tampilannya yang lebih modern, menarik, dan minimalis, sehingga bisa dipadukan dengan tipe rumah apapun. 

Ukuran Pintu Dua Daun Standar

Setiap pemilik hunian mungkin sudah punya preferensi sendiri dalam memilih rumah impiannya, termasuk model dan ukuran pintu dua daun yang diinginkan.

Ukuran Pintu Utama Kupu Tarung
Ukuran Pintu Utama Kupu Tarung

Pada dasarnya, ukuran pintu dua daun kupu tarung memiliki lebar 150 s/d 200 cm dan tingginya 210 s/d 240 cm.

Sedangkan untuk pintu satu daun single ukuran lebar 90 s/d 100 cm dan tingginya 210 s/d 240 cm.

Kamu tinggal sesuaikan saja dengan preferensi penggunaan masing-masing ya! Perhatikan juga detail interiornya. Jika memang terlalu sempit, tidak mungkin kan kalau kamu tetap memasang pintu dua daun dengan ukuran yang lebih tinggi dan lebar.

Model Pintu Dua Daun yang Unik

Jika kamu masih bingung mencari inspirasi pintu dua daun yang cocok, beberapa rekomendasi di bawah ini bisa jadi salah satu pilihan terbaikmu. 

  1. Pintu Dua Daun Kembar Modern Minimalis
  1. Daun Pintu Besi Tempa Klasik

Besi tempa terbuat dari campuran antara besi dan karbon yang rendah. Karena kandungan karbonnya rendah, maka pintu dengan besi ini terbilang cukup kuat, sehingga lebih awet dan tahan lama. 

Pemilihan besi tempa pada material pintu dua daun memberikan kesan yang sangat klasik. Tentu saja, nilai estetika hunian impian kamu juga meningkatkan dengan model ini. 

Apalagi bagian tengahnya ditambahkan teralis dengan motif yang sangat cantik dan indah. Maka, semakin melengkapi konsep hunian minimalis kamu. 

  1. Pintu Dua Daun dengan Kaca Oval

Selain memberikan daya tarik yang khas, model kaca oval pada pintu dua daun ini ternyata bisa menjadi inspirasi hunian yang mewah loh. Pemilihan warnanya yang sangat soft dan netral juga menambah kesan lapang pada ruangan. 

Adanya kaca oval juga bisa menambah nilai lebih mahal pada rumah. Kalau kamu lebih prefer kaca dengan bentuk oval atau memanjang seperti biasa?

  1. Daun Pintu Kombinasi Aluminium dan Kaca
pintu double swing
Pintu Swing UPVC

Pintu dengan material aluminium adalah yang paling dicari oleh pemilik rumah yang tidak ingin mengeluarkan budget terlalu tinggi untuk perawatan huniannya, kok bisa?

Aluminium termasuk bahan yang tidak mudah memuai atau menyusut dalam waktu jangka yang lama. Materialnya juga tahan rayap dan cuaca. Jadi, sekalipun di daerah kamu sering bergonta-ganti musim, pintu rumah tidak akan rusak. 

Tidak hanya itu, material ini menjadi pilihan yang cocok untuk pintu rumah minimalis. Jadi, kamu gak perlu bingung lagi mencari inspirasi bahan pintu yang cocok untuk rumah barumu. 

  1. Pintu utama kayu jati dua daun
Pintu Utama Kayu
Pintu Utama Kayu

Kayu jati tidak hanya tahan lama, tapi ternyata juga mudah dibentuk dan diukir menjadi motif apapun. Mendengar bahan kayu jati, mungkin yang terlintas hanyalah model pintu zaman dahulu kala.

Tapi, justru bisa loh dikombinasi dengan material kaca seperti gambar ini. Modelnya malah tampak lebih mewah dan menarik. Kamu juga akan mendapatkan pencahayaan yang sangat cukup di siang harinya. 

Pintu dengan material kaca juga bisa kamu jadikan sebagai jendela sekaligus. Namun, di malam hari, mungkin kamu perlu menyiapkan gorden agar bisa menutupi bagian pintu ini secara sempurna.

Scroll to Top