Cara Mengusir Nyamuk

13 Cara Alami Terbaik Mengusir Nyamuk dari Rumah

Tinggal di area tropis memang menyenangkan, karena terdiri dari dua musim yaitu musim panas dan musim hujan. Tetapi ada hal yang tidak menyenangkan juga tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia.

Hal yang tidak menyenangkan itu adalah adanya serangga seperti nyamuk yang tentu saja membuat kita kesal. Bayangkan saja saat anda tidur dan ada suara berisik nyamuk dan sengatan yang sakit, tentu saja akan mengganggu kualitas hidup anda.

Selain itu nyamuk juga membawa penyakit berbahaya seperti demam berdarah ( DBD ), penyakit malaria dan juga penyakit lainnya.

Hal ini perlu menjadi perhatian khusus apalagi jika anda mempunyai balita di rumah. Balita sangat rentan terhadap penyakit ini.

Yang perlu anda lakukan adalah mencegah atau mengusir nyamuk dari rumah.

13 Cara Jitu Mengusir Nyamuk dari Rumah

Ada cukup banyak cara untuk mengusir nyamuk dari rumah, mulai dari cara sederhana yang alami, pakai bahan kimia, dan juga memakai teknologi.

Berikut ini 13 cara terbaik mengusir nyamuk dari rumah:

1. Memakai Kawat Nyamuk

Salah satu cara paling ampuh adalah mencegah nyamuk masuk dengan memasang penghalang di area ventilasi udara. Ventilasi udara bisa berupa jendela atau pintu kawat nyamuk.

Jenis penghalang nyamuk ini disebut kasa nyamuk atau kawat nyamuk. Dengan memakai kawat nyamuk pada area ventilasi, nyamuk tidak akan bisa masuk sama sekali.

Dan sirkulasi udara tetap lancar dan ruangan tetap sejuk. Ada beberapa jenis kawat nyamuk yang bisa anda pilih seperti :

Dari beberapa jenis kawat nyamuk diatas, yang paling bagus adalah kawat nyamuk baja. Bahannya lebih tebal dan sangat kuat, bisa dijadikan juga sebagai antimaling sebab kawat nyamuk tidak mudah dirobek dengan pisau.

BACA JUGA :  Tips Dekorasi Kamar sempit Dengan Gaya Klasik Modern

2. Serai

Serai
Serai

Cara kedua adalah menggunakan serai. Serai atau sereh merupakan salah satu jenis dari bumbu dapur yang dapat anda gunakan untuk mengusir nyamuk.

Dengan aroma sereh yang kuat ini dapat mengusir nyamuk di rumah anda. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaruh batang serai yang sudah dipatahkan agar aromanya keluar.

Kemudian letakkan di area yang banyak nyamuk, selain mengusir nyamuk aroma serai juga bisa menjadi terapi untuk relaksasi pikiran.

3. Kopi

kopi
kopi

Cara mengatasi nyamuk yang ketiga adalah menggunakan kopi. Ampas kopi sudah dari dulu dikenal manjur sebagai alat mengusir nyamuk dan serangga di rumah. Dengan bau yang menyengat tentu saja membuat serangga menjadi kabur.

Supaya ampas kopi tidak terbuang sia-sia, Anda dapat mencoba membakar ampas kopi dan menebarkannya di sekeliling ruangan. Emisi karbon dioksida yang dikeluarkan akan memblokir dan membuat nyamuk kebingungan melacak manusia.

4. Bawang putih efektif mengusir nyamuk

Anda hanya perlu meletakkan beberapa siung bawang putih di sudut rumah untuk membuat nyamuk pergi. Jika Anda memiliki anak-anak dan hewan peliharaan, Anda dapat mencoba merebus bawang putih hingga mendidih. Kemudian, Anda tuangkan air rebusan ke dalam botol spray. Setelah itu, Anda bisa menyemprotkannya pada area tempat berkumpul nyamuk.

5. Mengeringkan genangan air

Genangan air merupakan salah satu tempat terbaik untuk nyamuk berkembang biak. Oleh karena itu, Anda sering menemukan jentik-jentik pada area genangan air yang telah dibiarkan terlalu lama. Untuk meminimalisir hal ini, Anda dapat mencoba menutup wadah yang berpotensi sebagai area kembang biak nyamuk, seperti pada bak mandi, ember, pot bunga, tempat sampah, dan sebagainya.

6. Lavender

Tak hanya memiliki bentuk yang cantik, rupanya tanaman lavender dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Tanaman cantik berwarna ungu ini memang memiliki aroma yang menyengat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena wangi lavender memiliki aroma yang rileks dan menenangkan.

BACA JUGA :  Tips Memilih Railing Balkon Rumah Mewah

Anda tidak perlu repot-repot mengolah tanaman lavender ini. Caranya cukup Anda taruh ke dalam pot dan biarkan tanaman sebagai hiasan yang mempercantik ruangan. Voila! Rumah menjadi cantik dan terbebas dari nyamuk.

7. Gunakan air humidifier

Air humidifier berfungsi untuk mengatur kelembapan udara di dalam ruangan. Apalagi, sekarang ini telah hadir beragam minyak esensial yang dapat Anda teteskan ke dalam air humidifier, seperti minyak eucalyptus, lavender, tea tree, dan lain sebagainya.

Pilihlah minyak dengan bau yang tidak terlalu menyengat agar Anda tidak merasa terganggu dengan wewangian tersebut. Selain itu, pastikan Anda memilih minyak esensial dengan kualitas bagus tanpa campuran bahan kimia berlebih.

8. Pasang kelambu ampuh mengusir nyamuk

Anda pasti sudah sangat akrab dengan kelambu. Metode tradisional yang satu ini telah menjadi cara turun temurun sejak dahulu kala. Sama halnya seperti bayi, Anda dapat mencoba memasang kelambu pada area tempat tidur untuk mengusir serangan nyamuk. Dengan cara ini, Anda dapat tidur dengan nyenyak dan terhindar dari gigitan nyamuk.

9. Mengusir nyamuk dengan minyak kayu manis

Minyak kayu manis terkenal dapat membasmi nyamuk berukuran besar dan telurnya. Untuk menggunakannya, Anda dapat membeli konsentrat minyak esensial di pasaran ataupun membuatnya sendiri di rumah.

Caranya dengan mencampurkan 120 ml air dengan 30 tetes (1 sendok teh) minyak kayu manis ke dalam botol spray. Kemudian, semprotkan cairan ini pada area sekitar rumah yang kerap menjadi sarang nyamuk.

Anda juga dapat mengoleskan minyak kayu manis ke kulit, tetapi pastikan melakukan uji tes alergi dengan meletakkan 1 titik minyak di area pergelangan tangan. Bila menimbulkan iritasi kulit, maka sebaiknya Anda mencari alternatif minyak oles lainnya.

10. Bersihkan tumpukan baju kotor

Nyamuk menyukai bau badan khas dari manusia. Tidak mengherankan bila Anda sering melihat banyak nyamuk pada tumpukan baju kotor di rumah. Sebelum area ini menjadi tempat mendekam yang nyaman bagi nyamuk, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan rumah agar tidak menimbulkan bau yang disukai nyamuk.

BACA JUGA :  Ketahui Manfaat Membuka Jendela Rumah Setiap Hari

11. Gunakan alat elektronik pembasmi nyamuk

Tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi pada alat elektronik pembasmi nyamuk. Selain aman bagi kesehatan, alat elektronik juga sangat cocok untuk Anda yang tidak menyukai aroma yang terlalu menyengat. Terdapat dua pilihan alat yang dapat Anda gunakan, yaitu raket nyamuk dan lampu UV.

Cara penggunaannya juga praktis dan mudah, Anda cukup menyalakan dan mengibaskan raket ke arah nyamuk. Sedangkan untuk lampu UV, cukup tancapkan kabel ke stop kontak dan lampu akan menyala untuk memancing nyamuk yang terbang ke area sekitar lampu. Kedua alat ini akan mengeluarkan sengatan listrik yang mematikan nyamuk.

Pastikan Anda meletakkan alat elektronik jauh dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan. Karena sekecil apapun hantaran listrik, tentu saja dapat berbahaya bila terkena kulit.

12. Hindari cat berwarna gelap dan lampu redup

Nyamuk memiliki kebiasaan mengunjungi area yang gelap. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari penggunaan warna cat gelap dan lampu kamar yang terlalu redup. Ada  3 warna yang dipercayai tidak begitu disukai oleh nyamuk, yaitu putih, hijau, dan kuning kecokelatan.

13. Nyalakan kipas angin

Berbeda dengan AC, kipas angin dapat menghasilkan angin yang membuat nyamuk kesulitan untuk terbang mengitari ruangan. Meskipun tidak begitu efektif, tetapi cara ini dapat Anda gunakan untuk mencegah nyamuk hinggap di kulit Anda.

Itu dia 13 cara mengatasi nyamuk membandel yang berkeliaran di rumah. Rupanya Anda juga bisa membasmi nyamuk tanpa perlu menggunakan peptisida dan obat nyamuk semprot yang berbahaya bagi kesehatan. 

sumber : ruparupa.com