Jendela Kamar Minimalis Modern 1

8 Tips Membeli Gorden Jendela, Kamu Wajib Tahu

Tips Membeli Gorden Jendela – Indonesia adalah negara beriklim tropis yang dianugerahi sinar matahari sepanjang tahun. Atas anugerah ini, kita mendapatkan sedikit tantangan, yaitu panas dan terik yang masuk ke rumah melalui jendela. Karena itulah setiap bangunan di Indonesia dilengkapi dengan gorden. Rupanya, pemilihan gorden tidak boleh sembarangan.

Berikut ini 8 Tips Membeli Gorden Jendela yang akan membantu Anda agar gorden bisa berfungsi maksimal dan mendukung keindahan hunian.

Jendela Kamar Minimalis Modern 3
Jendela Kamar Minimalis Modern Dengan Gorden Biru

Cek Area mana yang akan dipasangi gorden

Pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan material yang harus dipakai. gorden untuk kamar mandi harus menggunakan material yang blackout agar tidak tembus pandang, sekaligus tahan terhadap air. gorden untuk kamar tidur boleh blackout atau semi-blackout. Sementara gorden untuk teras atau balkon yang akan sering terkena hujan harus tahan air.

Sesuaikan dengan konsep rumah

Setiap gaya dan nuansa memiliki jenis gordennya sendiri-sendiri. Kerai kayu cocok untuk rumah bergaya etnik. gorden roman blinds digunakan untuk rumah bergaya klasik mediterania. gorden vertikal biasa digunakan untuk perkantoran. Untuk rumah minimalis, gorden model roller blind sangatlah cocok. Sementara untuk rumah bergaya vintage atau chic feminin, sebaiknya menggunakan gorden kain. Tapi, gorden kain berponi akan lebih pas jika digunakan pada rumah bergaya klasik victoria.

Sesuaikan budget yang disiapkan

Setiap model dan material memiliki harga yang berbeda-beda. Jika budget Anda terbatas, sebaiknya tidak terlalu memaksakan diri untuk memilih gorden yang paling canggih dengan material yang mahal. Apalagi biaya servis untuk gorden-gorden modern sangatlah mahal. Beberapa produsen biasanya menjual dengan harga yang bisa ditawar. Sebisa mungkin mintalah diskon yang tinggi tanpa mengurangi kualitasnya.

Ukur ketinggian tempat yang akan dipasangi gorden

Tidak semua model gorden bisa diaplikasikan untuk jendela yang berukuran sangat lebar atau sangat tinggi. Jika dipaksakan, maka tarikannya akan sangat berat atau mekanik di dalamnya jadi mudah rusak. Sebelum memilih, pastikan untuk menanyakan apakah model tersebut bisa digunakan untuk ukuran jendela di rumah Anda.

Tanyakan ke penjual cara merawat dan membersihkannya

gorden kain biasa sangat mudah dibersihkan. Cukup dicuci selayaknya mencuci pakaian. Untuk kerai kayu, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan lap yang agak basah. Jangan biarkan terkena panas atau lembab yang berlebihan. Untuk bahan-bahan lain yang rumit, mahal, dan tidak biasa Anda temui, tanyakan dahulu bagaimana cara merawat dan membersihkannya. Biasanya maksimal hanya bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner atau kemucing. Untuk material yang menyerupai vinil, bisa dilap perlahan-lahan dengan lap yang agak basah.

Pilih bahannya awet dan berkualitas

Pada dasarnya keawetan bahan tidak bisa dijamin 100%. Hal ini karena tingkat keawetan kembali lagi pada cara Anda menggunakannya. Apakah ada anak kecil di rumah? Apakah ada binatang peliharaan yang bisa merusak gorden? Hal ini akan memengaruhi keawetan gorden di rumah. Tetapi, Anda tetap harus menanyakan pada penjual tentang keawetan bahan. Untuk gorden kamar mandi, pastikan materialnya tidak akan rusak jika terkena air terus-menerus.

Pilih yang bisa diperbaiki jika rusak

Semakin modern dan canggih suatu gorden, maka akan semakin rumit pula mekanis di dalamnya, dan semakin sulit pula cara memperbaikinya saat rusak. Jangan lupa menanyakan cara memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil yang mungkin terjadi, misalnya saat gorden lepas dari bracket, lepasnya kain, atau lepasnya tali untuk menarik gorden. Tanyakan juga apakah toko tempat Anda membeli tersebut menyediakan jasa servis dan berapa tarifnya.

Pilih gorden yang ada garansi?

Belilah langsung pada produsen yang merakit dan memproduksi sendiri. Umumnya, penjual jenis ini akan menyediakan garansi. Jangan lupa minta kartu garansi dan penjelasan tentang klaim garansi.

WhatsApp chat