10 Inspirasi Model Jendela Rumah Industrial yang Modern dan Kekinian

Rumah industrial merupakan rumah yang didesain dengan memperhatikan karakter utamanya yaitu, mengekspos penggunaan material, perpaduan dari material kayu, besi, juga kaca, serta warnanya yang gelap pun berani. Tak jarang, pembuatan rumah ala industrial ini memakai barang-barang bekas. Namun barang bekas tersebut dibuat menjadi memiliki daya tarik yang lebih.

Jendela merupakan bagian rumah yang diperlukan bukan hanya sebagai akses cahaya dan udara., tetapi juga sebagai estetika. Model jendela yang diterapkan pada rumah bergaya industrial bisa membuat rumah tersebut tampak semakin menarik. Model jendela yang bagaimanakah yang sesuai untuk rumah industrial?

Berikut ini rekomendasi 10 model jendela industrial:

1. Jendela Aluminium Hitam

Jendela Aluminium Hitam
Jendela Aluminium Hitam

Model jendela rumah industrial yang pertama adalah jendela aluminium hitam dengan pola garis kotak-kotak pada area tengahnya. Model jendela seperti ini sering disebut juga dengan nama jendela french window.

Jendela Hitam memberikan kesan yang kental terhadap konsep industrial, sebab rumah industrial sendiri merupakan sebuah rumah dengan konsep industri yang lebih banyak memakai perabotan berwarna gelap.

BACA JUGA : Model Jendela Aluminium Terbaru

2. Model Jendela Hopper

Jendela Hopper
Jendela Hopper

Jika pada umumnya engsel jendela berada di samping, tidak demikian dengan engsel jendela hopper. Engsel jendela hopper terletak di bagian bawah jendela. Sehingga ketika jendela terbuka, jendela akan menghadap ke atas Inilah yang merupakan keunikannya. Jendela dibuka ke arah dalam rumah/ruangan.

3. Model Jendela Lengkung

Jendela Rumah Klasik Mewah Arced Window
Jendela Rumah Klasik Mewah Arced Window

Eksterior rumah akan tampak lebih menarik pada rumah yang diberikan jendela model lengkung. Tidak terkecuali dengan rumah industrial yang menggunakan jendela model ini. Model

jendela lengkung sudah digunakan sejak lama, banyak digunakan pada bangunan-bangunan ala Roma. Namun model jendela seperti ini tidak akan pernah terlihat kuno, karena bisa diaplikasikan juga di berbagai gaya bangunan.

4. Model Jendela Lingkaran

Jendela rose windows pada bangunan ala Gothic yang memberikan inspirasi untuk terciptanya jendela model lingkaran. Model jendela ini sekarang sudah banyak juga diterapkan pada bangunan-bangunan modern. Model ini juga akan cocok untuk rumah dengan gaya industrial.

Tujuan jendela model ini adalah untuk menjadi titik fokus struktur eksterior. Juga sebagai akses udara dan cahaya pada bangunan tersebut.

5. Model Jendela Loteng

Jendela Skylight
Jendela Skylight

Model jendela ini dikatakan model jendela loteng karena dipasang pada langit-langit atau atap bangunan. Fungsinya untuk akses pencahayaan ruangan di bawahnya. Keuntungan lain menggunakan jendela mobil ini, bisa melihat pemandangan langit di malam hari.

6. Jendela Kaca Sudut

Jendela Sudut Dapur
Jendela Sudut Minimalis

Jendela kaca sudut merupakan sebuah variasi dalam sebuah bangunan / rumah berfungsi untuk mempercantik desain interior dan juga eksterior rumah. Selain mempercantik desain rumah, jendela sudut juga mempunyai fungsi lain sebagai sumber cahaya dan sirkulasi udara di dalam ruangnya.

Arsitek sering menerapkan Konsep jendela sudut ini di desain rumah minimalis dan juga rumah industrial. Arsitek sering menampilkan aksen berbeda pada desain rumah baik itu interior dan juga eksterior.

Jendela sudut aluminium biasanya dipakai untuk jendela ruangan tertentu seperti jendela ruang tamu, jendela dapur, ruang santai, jendela kamar tidur dan area tangga. Dengan jendela kaca siku ini ruangan yang tadinya terlihat sempit akan terasa lebih lega dan terasa lebih nyaman.

7. Model Jendela Arsitektural

Model jendela arsitektural adalah bentuk jendela yang unik dan tidak biasa. Karena bentuk-bentuknya didesain secara unik. Bisa bentuk kubus berundak, setengah lingkaran, trapesium, segitiga, jajar genjang, dan sebagainya. Atau bisa juga perpaduan dari beberapa bentuk.

Tujuan dibuatnya jendela model ini tentu adalah daya pikat estetikanya. Dimana tidak menghilangkan fungsi utama jendela sebagai akses pencahayaan dan udara. Udara dan pencahayaan tetap maksimal, nilai seni dan estetikanya juga terasa sangat tinggi.

8. Model Jendela Awning

Jendela Aluminium Coklat 3
Jendela Jungkit Aluminium

Model jendela awning hampir bisa dibilang kebalikan dari model jendela hopper. Jika jendela hopper yaitu memiliki engsel di bagian bawah, engsel jendela awning  ada di bagian atas. Cara membukanya juga jadi kebalikan, karena jendela awning dibuka dari bagian bawah mengarah ke luar. Daun jendela awning biasanya dibuat cukup lebar.

Jendela awning dibuat dengan tujuan untuk menjadi tempat jatuhnya air hujan. Apabila hujan turun, jendela tetap dapat dibiarkan terbuka tanpa ada air hujan yang masuk ke dalam ruangan.

9. Model Jendela Geser

Jendela Geser Ruang Tamu
Jendela Geser Ruang Tamu

Model jendela geser sangat cocok untuk orang yang menginginkan penggunaan space ruangan secara maksimal. Sebab ketika jendela geser dibuka daun jendelanya cukup digeser ke samping. Tidak memakan banyak tempat di dalam maupun di luar ruangan.

10. Model Jendela Single Hung

single hung vs double hung windows 21 ss
single hung vs double hung windows 21 ss

Model jendela single hung mirip dengan jendela geser, yaitu cara membuka dan menutupnya dengan cara digeser. Tetapi untuk model jendela single hung arah untuk membukanya ke bagian atas, atau secara vertikal.

HUBUNGI KAMI

Produsen Jendela Aluminium, Pintu Aluminium Finish Goods dan Jendela UPVC Murah Berkualitas, Bergaransi. Segera hubungi Marketing kami dan Dapatkan Harga Terbaik.

Scroll to Top