Jendela Minimalis 1

27 Model Jenis Jendela Minimalis untuk Rumah Mewah dan Klasik

Ayuk kenali beberapa jenis jendela minimalis sebelum anda Anda membelinya.!

Jenis jenis jendela sebenarnya cukup banyak, tetapi mungkin hanya anda ketahui adalah model jendela geser atau jendela casement.

Tapi sebenarnya ada lebih dari 10 jenis jendela yang bisa anda gunakan. Dan setiap jenis jendela mempunyai bentuk dan model yang unik.

Serta mempunyai fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda.

Serta mempunyai peranan khusus berdasarkan lokasi ruangan. Seperti halnya jendela kamar, jendela kamar mandi, jendela dapur dan beberapa lokasi lainnya.

Setiap lokasi tentu punya model yang berbeda-beda dilihat dari luas ruangan, bentuk ruangan dan fungsi ruangan tersebut.

Pada dasarnya fungsi jendela memang sebagai sumber cahaya dan juga sebagai sirkulasi udara ( ventilasi ). Lebih dari itu jendela juga menjadi sebuah elemen dekorasi interior dan juga eksterior rumah.

Memilih model jendela harus berdasarkan pertimbangan yang baik, sebagai contoh untuk jendela kamar sebaiknya memakai jendela dengan ukuran yang lebih besar.

Kamar tidur adalah area tempat untuk beristirahat tentu kenyamanannya harus sangat diutamakan. Dengan jendela ukuran yang lebih besar akan memberikan pencahayaan yang lebih maksimal dan juga sirkulasi udara yang baik.

Selain model jendela yang harus ada pertimbangan dalam proses memilih jendela adalah material jendela. Dan saat ini sedang menjadi tren adalah bahan UPVC dan Aluminium.

Kedua bahan tersebut sering kali jadi pertimbangan sebagai bahan jendela. Apa saja perbedaan UPVC vs Aluminium dan mana yang lebih baik ?

Anda bisa baca selengkapnya pada halaman Aluminium vs UPVC.

Jenis Jenis Jendela Minimalis

Berikut ini pembahasan lengkap mengenai semua jenis dan macam-macam jendela yang anda harus ketahui agar tidak salah pilih.

1. Jendela Casement

Jendela Kamar Minimalis Modern 9
Jendela Casement Kamar Kedap Suara

Model jendela yang pertama adalah jendela casement, jendela ini dimanai jendela casement sebab memakai engsel casement. Jendela ini sangat unik, sebab saat posisi jendela tertutup engsel tidak akan terlihat.

Yang perlu anda ketahui juga jendela ini hanya bisa terbuka paling besar 90 derajat saja. Model jendela ini cocok anda gunakan sebagai jendela kamar tidur, jendela utama, jendela ruang tamu, jendela dapur dan beberapa ruangan lainnya.

Info selengkapnya mengenai model jendela ini dapat anda baca di Jendela Casement.

Kelebihan:

  • Desain sangat bagus, sebab engsel tidak terlihat
  • Lebih aman karena engsel tersembunyi di dalam
  • Sangat minim perawatan dan perawatannya mudah
  • Mudah membersihkan kaca bagian luar sebab posisi daun berada di tengah saat jendela dibuka
  • Dapat anda jadikan sebagai jendela kedap suara, sebab mempunyai tingkat insulasi terbaik.
  • Banyak pilihan desain dan model, dan bisa anda kombinasikan dengan model jendela lainnya.

Kekurangan:

  • Ukuran jendela terbatas
  • Jika memakai kaca double glass / triple glass akan berpengaruh pada beban engsel
  • Tidak cocok untuk jendela berukuran tinggi dan besar

2. Jendela Jungkit / Awning

Jendela Jungkit / Jendela Awning
Jendela Jungkit / Jendela Awning

Model yang kedua adalah jendela jungkit atau disebut juga dengan jendela top hung / awning windows. Jenela Awning ini dibuka dengan cara mendorong daun jendela ke atas.

Jendela jungkit ini juga dapat memakai engsel casement seperti, jadi tidak perlu repot memakai hak angin / wind break.

Jendela awning kerap digunakan sebagai jendela kamar, jendela ruang tamu, jendela kamar mandi, jendela dapur dan beberapa ruangan lainnya.

Info selengkapnya mengenai model jendela ini dapat anda baca di Jendela Top hung.

Kelebihan:

  • Tingkat peredam suara yang baik seperti jendela casement
  • Jendela praktis tidak perlu dibuka tutup pada saat hujan ringan.
  • Menjaga privasi, sebab posisi jendela terbuka dari bawah.

Kekurangan:

  • Sulit untuk membersihkan bagian luar kaca jendela.

3. Jendela Sliding

Jendela Sliding UPVC
Jendela Sliding UPVC

Jendela Geser Aluminium atau Jendela Sliding aluminium adalah jendela yang terbuat dari bahan aluminium Import berkualitas dan dibuka dengan cara menggeser daun jendela ke arah kiri atau kanan.

Jendela geser Kaca ini cukup banyak dipakai untuk ruangan dengan area bukaan yang terbatas. Atau ruangan yang di depannya digunakan untuk akses jalan seperti koridor dan lainnya.

4. Jendela Kaca Mati / Picture Window

Jendela Kaca Mati
Picture Window / Jendela Mati

Jendela Aluminium Mati atau disebut juga jendela kaca mati adalah jendela yang tidak bisa dibuka. Jendela Kaca mati ini biasa dipakai sebagai partisi ruangan dan juga sebagai jendela yang ruangan tertentu yang tidak membutuhkan sirkulasi udara dari luar.

Jendela aluminium kaca memiliki kelebihan utama yaitu dapat menjaga suhu ruangan dengan baik dan dapat meredam suara dengan sangat baik.

Naman lain dari jendela ini adalah picture window.

Picture Window merupakan salah satu jenis jendela yang unik. Alasan kenapa disebut dengan picture window karena jendela digunakan sebagai “bingkai” tampilan luar ruangan. Lebih mudahnya tampilan luar ruangan dijadikan sebagai “gambar / lukisan” yang dibingkai oleh kusen jendela.

Model jendela ini biasanya berukuran besar, supaya pandangan tidak terhalang oleh frame jendela. Dengan jendela ini anda bisa menikmati pemandangan di luar ruangan dengan sangat nyaman.

5. Jendela Lipat

Jendela Lipat Dapur
Jendela Lipat Dapur

Model jendela selanjutnya adalah Jendela Lipat atau jendela folding.

Jendela lipat terdiri dari beberapa daun jendela yang bisa dilipat, minimal ada 3 daun sebab kalau hanya dua daun sebaiknya menggunakan jendela casement aluminium. 

Sama halnya dengan pintu lipat aluminium jendela lipat memiliki lebar bukaan hampir sama dengan lebar opening tembok.

Jendela lipat memang tidak begitu banyak peminatnya selain karena harganya yang mahal memang beberapa lokasi kuran cocok memakai jendela lipat ini.

Tapi ada satu lokasi yang cocok dengan jendela model lipat yaitu lokasi dapur, ruangan dapur yang didesain mirip kafe dengan meja bar di bagian luarnya dapat menggunakan jendela lipat sebagai penyekat ruangan.

6. Jendela Louvre / Kisi-kisi / Jalusi

Jendela Louvre Aluminium 1
Jendela Louvre Aluminium

Jalusi sendiri memiliki arti sebuah jendela yang memiliki bentuk seperti tirai atau jendela nako.

Akan tetapi tidak seperti jendela nako yang memakai kaca. Jendela jalusi ini memakai profil kisi-kisi yang bisa disebut dengan jendela krepyak atau jendela kisi-kisi aluminium

Dalam bahasa inggris jendela jalusi juga disebut dengan nama louvre windows atau jalousie windows.

Panel atau profil kisi-kisi ini dipasang secara horizontal pada area tengah jendela dan dijepit menggunakan baut atau aksesoris.

7. Jendela French Window

Jendela French Window
Jendela French Window

Jendela ini mempunyai model atau ciri khas adalah pada bagian kacanya di bagi menjadi beberapa bagian dengan menggunakan profil list variasi.

Jendela ini bentuknya kotak-kotak makanya sering disebut juga Jendela kotak-kotak. Tampilannya mirip jendela model dulu yang terbuat dari bahan kayu.

Dengan menggunakan List Variasi ini Jendela French Window memberikan kesan klasik atau vintage pada bagunan Anda.

8. Jendela Geser Atas

Jendela Geser Atas
Jendela Geser Atas

Model berikutnya adalah jendela geser atas atau jendela sliding vertikal. Model jendela ini memang sangat terkenal di luar negeri seperti negara Amerika dan Eropa.

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang memakai jendela model ini, memang tidak sepopuler model jendela casement atau jendela sliding.

Sebab jendela ini kurang familiar di kalangan masyarakat. Tetapi bentuknya yang unik bisa menjadi daya tarik dan membuat tampilan rumah lebih mewah.

Selain itu model jendela ini juga sangat mudah dibuka, anda cukup menggeser daun jendela keatas.

Kemudian jendela akan terbuka, yang perlu anda perhatikan jika memakai jendela ini adalah jangan memasang jendela di area yang langsung kena hujan.

Sebab jika sistem pembuangan air pada jendela tidak bagus, maka air akan meluap dari rel dan akan bocor.

9. Jendela Kaca Sudut

Jenis Jendela Kaca Sudut Minimalis
Jendela Kaca Sudut Minimalis

Jendela kaca sudut merupakan sebuah variasi dalam sebuah bangunan / rumah berfungsi untuk mempercantik desain interior dan juga eksterior rumah. Selain mempercantik desain rumah, jendela sudut juga mempunyai fungsi lain sebagai sumber cahaya dan sirkulasi udara di dalam ruangnya.

Arsitek sering menerapkan Konsep jendela sudut ini di desain rumah minimalis dan juga rumah industrial. Arsitek sering menampilkan aksen berbeda pada desain rumah baik itu interior dan juga eksterior.

Jendela sudut aluminium biasanya dipakai untuk jendela ruangan tertentu seperti jendela ruang tamu, jendela dapur, ruang santai, jendela kamar tidur dan area tangga. Dengan jendela kaca siku ini ruangan yang tadinya terlihat sempit akan terasa lebih lega dan terasa lebih nyaman.

10. Jendela Pivot

Jendela Pivot Aluminium
Jendela Pivot Aluminium

Desain jendela berikutnya adalah jendela pivot, jendela pivot merupakan jendela yang bisa dibuka dengan cara memutar daun ke arah luar atau dalam.

Daun jendela dapat diputar atau diayunkan di porosnya sebab mempunyai engsel khusus yaitu engsel pivot.

Model jendela pivot mirip dengan pintu floorhinge, hanya saja kalau pintu floorhinge engsel berada di ujung daun.

Kalau jendela pivot engsel berada ditengah daun, Jadi jendela bisa buka / diputar ke arah kanan atau kiri.

11. Jendela Nako

Jendela Nako
Jendela Nako

Jendela nako adalah jendela yang terdiri dari beberapa sisi kaca yang bisa digerakan karena ada aksesoris yang mengapit kaca pada samping kiri dan kanannya.

Jendela nako merupakan jendela yang terkenal pada tahun 80-an. Meski saat ini jendela nako jarang dipakai tapi masih ada beberapa orang yang suka memakai jendela nako untuk kamar pembantu, ruang security, cafe dll.

Bagi anda yang sedang ingin membuat dekorasi ruangan yang tampil vintage, dengan sentuhan modern bisa memakai jendela nako ini.

12. Jendela Bay

Jendela Kamar Sudut
Jendela Sudut Klasik / Jendela Bay Minimalis

Model selanjutnya adalah jendela bay atau bay window. Model jendela ini menjorok ke arah luar ( tidak rata dengan dinding ).

Jendela bay kerap dipakai untuk rumah klasik tipe mediterania atau klasik eropa.

Memakai jendela bay akan menambahkan kesan apik pada tampilan eksterior rumah. Serta bagian dalam jendela anda bisa gunakan sebagai tempat duduk atau window seating.

Anda bisa bersantai di tempat duduk dekat jendela dan menikmati pemandangan di luar jendela.

13. Jendela Lingkaran Bulat

Jendela Lingkaran
Jendela Lingkaran

Jendela Model bulat, oval atau oval merupakan bentuk jendela yang unik dan tampil beda dapat menambah daya tarik arsitektur rumah.

Model jendela ini kerap dipakai untuk rumah klasik modern. Bentuknya yang unik akan membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah dan lebih indah.

Kekurangan dari jendela ini juga pengerjaannya kurang rapi akan sangat mudah terlihat. Jendela model ini bisa dibuat dengan bahan aluminium atau kayu.

14. Jendela Busur / Bow Window

Jendela Bow
Jendela Bow

Selanjutnya ialah Jendela Busur / bow window, model jendela ini melengkung ke arah luar sehingga membentuk hampir setengah lingkaran.

Karena bentuknya setengah lingkaran jadi disebut juga dengan jendela busur, sebab mirip seperti busur panah.

Model jendela busur ini tergantung dari jumlah jendela yang dipakai. Setipa jendela dihubungkan dengan tiang konektor sehingga sudut jendela bisa diatur.

15. Jendela Skylight

Skylight
Skylight

Jenis jendela berikutnya adalah jendela skylight, jendela skylight ini dipasang di atap atau langit-langit sebagai pencahayaan ruangan.

Model jendela ini kerap dipakai untuk ruangan tertentu yang membutuhkan pencahayaan yang lebih.

Agar ruangan tidak panas karena cahaya matahari, sebaiknya anda menggunakan kaca laminated atau sunergy sebagai kaca jendela.

Kaca sunergy merupakan jenis kaca anti panas yang dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan.

Anda bisa membaca jenis kaca lainnya pada jenis kaca jendela.

16. Jendela Boven

Jendela Kecil Boven
Jendela Kecil Boven

Boven merupakan nama jendela kecil yang terletak di atas tembok atau atas jendela lainnya. Ukuran memang tidak besar sebab fungsinya sebagai sumber sirkulasi udara yang jarang ditutup.

Jendela boven kerap dipakai sebagai jendela kamar mandi. Ada beberapa model yang sering dijadikan sebagai jendela boven yaitu jendela jungkit, jendela zig zag, jendela kaca mati dll.

17. Jendela Zig Zag

Jendela Zig Zag
Jendela Zig Zag

Jenis jendela selanjutnya adalah jendela zig zag atau disebut juga dengan jendela kaca silang. Jendela zig zag adalah jendela yang terdiri dari dua lapis kaca yang menyilang atau bentuk zig zag. Contohnya dapat anda perhatikan pada gambar diatas.

Jendela model ini sering dipakai sebagai jendela kamar mandi atau jendela gudang, sebab model jendela ini selalu terbuka.

Dan kelebihan jendela ini harganya murah seperti kaca mati, tetapi ini adalah jendela yang bisa menghasilkan sirkulasi udara.

18. Jendela Glass Block

Glass Block
Glass Block

Model jendela berikutnya adalah jendela glass bock, jendela ini merupakan bagian dari jendela dekorasi. Jendela glass block sering dimanfaat hanya sebagai sumber penerangan.

Sebab jendela glass block tidak dapat dibuka. Model jendela ini juga sangat banyak dan mempunyai jenis pola yang unik sehingga sangat cocok sebagai elemen dekorasi ruangan.

Jendela glass block termasuk dalam kategori jendela kaca buram, sebab orang tidak akan bisa melihat ke dalam atau keluar ruangan dari jendela.

Hal ini dapat memberikan privasi dan kenyamanan apalagi jika dipakai sebagai jendela kamar mandi, ruang pribadi atau ruangan lainnya..

19. Jendela Frameless

Jendela Frameless
Jendela Frameless

Model jendela minimalis berikutnya adalah jendela frameless, jendela frameless adalah jendela tanpa frame.

Jendela ini memang tidak memakai kusen, hanya memakai aluminium U tanam yang ditanam ke dalam tembok. U tanam ini tidak akan terlihat, jadi hanya akan terlihat kaca yang berada diatas tembok.

Model jendela ini kerap dipakai sebagai penyekat ruangan seperti ruang shower, ruang partisi kaca, partisi kantor dll.

Karena tidak memakai kusen jadi lebih hemat anggaran, tetapi ukuran kaca juga perlu lebih tebal.

Biasanya yang bisa pakai kaca 5 atau 6 mm, jika memakai jendela frameless kami sarankan minimal memakai tebal kaca 8 mm.

Itu juga masih tergantung ukuran lebar dan tinggi jendela frameless.

20. Jendela Badai / Strom Window

Jendela Jalusi UPVC 3
Jendela Jalusi UPVC

Strom Window atau jendela badai merupakan jendela yang terdiri dari dua lapis jendela. Jendela bagian dalam memakai jendela kaca dan jendela luar memakai jendela jalusi.

Jendela luar berfungsi sebagai tirai penghalang sinar matahari, penghalang angin, penghalang panas dll. Oleh sebab itu jendela ini dimanai jendela badai atau strom window.

Di Indonesia sendiri jendela model ini juga banyak dipakai pada era kolonial belanda, sebab di Indonesia memiliki iklim tropis yang panas.

Sehingga didesain jendela 2 lapis sebagai penghalang panas dan juga berfungsi sebagai tirai.

21. Jendela melengkung / Arched Windows Untuk Rumah Klasik

Jendela Rumah Klasik Mewah Arced Window
Jendela Rumah Klasik Mewah Arced Window

Arched Window atau jendela melenkung ialah jendela dengan bentuk setengah lingkaran pada bagian atasnya. Jendela ini sering dipakai arsitek sebagai jendela rumah klasik modern.

Untuk menambah kesan klasik arsitek akan menambahkan pola garis dan bentuk kotak-kotak pada jendela. Jendela umumnya ialah jendela mati dan tidak dapat dibuka tutup.

Jika pun bisa dibuka pasti sulit juga dibuka, sebab posisinya diatas sehingga tidak efektif.

Model jendela ini memang lebih mononjolkan gaya arsitektur dan desain jendela itu sendiri.

22. Jendela Hopper

Jendela Hopper
Jendela Hopper

Jenis jendela minimalis berikutnya adalah jendela hopper, model jendela ini kebalikan arah buka dari jendela top hung. Jika jendela top hung dibuka dari bawah.

Jendela Hopper ini dibuka dari atas, sebab posisi handel berada diatas. Jendela ini sering dipakai sebagai jendela ruang bawah tanah atau kamar mandi.

Di Indonesia sendiri model jendela ini jarang sekali dipakai, sebab jika dibuka pada saat hujan air akan langsung masuk.

Berbeda dengan jendela jungkit, jendela jungkit paling hanya tampias air.

23. Garden Style Window / Jendela Taman

Jendela Taman
Jendela Taman

Jendela taman atau garden style window ialah jendela yang dibuat untuk menaruh tanaman. Bentuk jendela ini menonjol ke arah luar mirip jendela bay.

Tetapi pada bagian atas jendela taman ini ada kaca, fungsinya agar cahaya dapat langsung menyinari tanaman.

Layaknya sebuah rumah kaca kecil khusus untuk tanaman. Bagi anda yang suka menanam mungkin bisa membuat jendela seperti ini hehe.

Anda juga bisa membuat model jendela ini di area balkon, sehingga tanaman aman dari serangga dan hujan.

24. Dormer Windows

Jendela Dormer
Jendela Dormer

Model jendela yang berikutnya adalah jendela dormer window, Jendela ini terletak di area atap dan memiliki bentuk seperti rumah kecil.

Pada kemiringan atas dibuat bentuk seperti rumah jendela kecil sebagai sumber pencahayaan dan sirkulasi udara.

Jenis jendela ini banyak dipakai pada rumah dengan gaya arsitektur klasik amerika.

25. Jendela Kawat Nyamuk

Jendela Sliding Kawat Nyamuk
Jendela Sliding Kawat Nyamuk

Jika anda kesal dengan nyamuk yang mengganggu tetapi tetapi ingin mendapatkan sirkulasi udara yang dari luar anda bisa pakai jendela kawat nyamuk.

Memang ada dua solusi pertama memakai kawat nyamuk yang ditempel pakai magnet ( tetapi kurang awet ).

Yang kedua bisa pakai jendela kawat nyamuk ini.

Jendela Kawat Nyamuk
Jendela Kawat Nyamuk Swing

Ada dua jenis jendela kawat nyamuk :

  1. Jendela Kawat Nyamuk Buka Swing / Ayun
  2. Jendela Kawat Nyamuk Geser

Untuk jenis kawat nyamuk berkualitas anda bisa memakai kawat nyamuk baja. Tetapi harganya lebih mahal dibanding jenis lain, jika soal kualitas kawat nyamuk baja yang terbaik.

Jika anda ingin mencoba memakai jenis kawat nyamuk lain juga bisa anda bisa cek di jenis kawat nyamuk.

26. Jendela Tilt and Turn

Jendela Tilt n Turn
Jendela Tilt n Turn

Model Jendela minimalis berikutnya adalah jendela tilt and turn. Jendela tilt and turn adalah jendela yang dibuka 2 arah, dapat dibuka seperti jendela swing dan dapat dibuka bagian atas miring kedalam.

Kenapa ada dua jenis bukaan dalam satu jendela ?

Jendela tilt n turn ini akan memberikan anda pilihan, saat anda ingin mendapatkan sirkulasi udara yang maksimal anda bisa membuka seperti jendela swing.

Dan jika anda tidak ingin mendapatkan sirkulasi udara yang baik anda bisa membuka dengan cara miring keatas sedikit.

Selain itu jendela ini juga memudahkan anda saat membersihkan kaca di bagian luarnya.

27. Jendela Melayang yang Mewah

Floating Window Aluminium
Floating Window Aluminium

Jenis jendela selanjutnya adalah jendela melayang atau floating window. Jendela ini disebut jendela melayang sebat di sisi samping kanan dan kiri, atas dan bawah semua memakai kaca.

Jadi seolah-oleh jendela tampak melayang dan tidak menempel pada tembok.

Model jendela ini sangat cocok untuk rumah minimalis yang ingin tampil beda.

Yang perlu anda perhatikan adalah ketebalan kacanya, sebagai penopang jendela anda sebaiknya memakai kaca minimal 12 mm dan itu harus kaca tempered.

Anda bisa cek jenis kaca tempered dan kelebihan pada halaman jenis kaca jendela.

WhatsApp chat